Jumat

Pengobatan Eksim Atopik

Jika Anda memiliki eksim atopik saat masih kecil, Anda mungkin merasa membaik seiring bertambahnya usia. Namun, pemicu tertentu mungkin masih menyebabkannya menyala. Ada banyak cara untuk mengendalikan eksim Anda, tergantung seberapa parah gejala Anda.

Pengobatan Eksim Atopik


Self-help


Menjaga catatan harian tentang gejala eksim Anda dapat membantu Anda menemukan pemicu yang membuat eksim Anda memburuk. Pemicu umum meliputi stres, perubahan suhu dan hewan peliharaan.

Jika eksim Anda menjadi gatal, cobalah untuk tidak menggaruknya. Menggaruk bisa membuat eksim Anda memburuk dan bisa menyebabkan kulit Anda menebal. Kucing anti gores untuk bayi dan anak kecil bisa membantu. Jika Anda perlu meringankan rasa gatal, gosok perlahan kulit Anda dengan ujung jari Anda alih-alih menggunakan kuku Anda. Jaga kuku Anda tetap pendek.

Jika eksim Anda tidak membaik, sangat penting untuk menghindari iritasi kulit seperti sabun, gel mandi dan mandi busa.

Obat-obatan


Meskipun tidak ada obat untuk eksim, ada berbagai obat yang tersedia dari apoteker atau dokter umum Anda untuk membantu mengendalikan gejala Anda. Selalu tanyakan pada apoteker atau dokter umum Anda untuk mendapatkan saran dan bacalah brosur informasi pasien yang disertakan dengan obat Anda.

Emolien


Emolien menenangkan dan melembutkan kulit kering. Mereka melembabkan kulit Anda dengan mencegah kehilangan air dan menambahkan air ke kulit Anda.

Mereka juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Menggunakan emolien dapat mengurangi rasa gatal dan mencegah kulit Anda terinfeksi.

Emolien paling efektif untuk mencegah flare-up eksim jika Anda menggunakannya setiap saat, bahkan saat Anda tidak memiliki gejala eksim.

Terapkan sesering yang Anda butuhkan - idealnya setidaknya setiap empat jam atau sampai tiga sampai empat kali sehari. Ini juga dapat benar-benar membantu untuk menggunakan emolien selama dan setelah mandi atau mandi.

Emolien halus ke kulit Anda daripada menggosoknya. Selalu menerapkannya ke arah pertumbuhan rambut. Hal ini akan mengurangi risiko Anda terkena infeksi di bagian bawah folikel rambut Anda.

Emolien tersedia sebagai krim, lotion, minyak atau pencuci. Ada berbagai jenis emolien. Contoh ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

Produk non-merek Krim bermerek Salin bermerek Gel, lotion, dan semprotan bermerek Pembersih bermerek dan aditif bak mandi dan pancuran
Salep pengemulsi, BP


  1. Salep hidrous, BP
  2. Cairan lembut putih parafin salep, NPF
  3. Aveeno
  4. E45
  5. Krim hidromol
  6. Ultrabase Cream
  7. Epaderm
  8. Salep hidromol
  9. Salep zeroderm
  10. Aplikasi semprot dermis
  11. Gel Doublebase
  12. Lotion QV
  13. Aditif aditif koloid Aveeno
  14. Aditif aditif emulsi Cetraben
  15. Aditif aditif oilatum emolien


Umumnya, kebanyakan emolien akan membantu memperbaiki penampilan eksim Anda. Namun, jika eksema Anda parah, Anda mungkin perlu mencoba formulasi emulsi greasier, seperti salep dan bukan krim.

Produk emolien yang mengandung urea mungkin sangat membantu eksim berat atau pada orang tua. Jangan gunakan emolien yang mengandung bahan antibakteri kecuali jika kulit Anda terinfeksi atau dokter menyarankannya.

Produk yang berbeda sesuai dengan orang yang berbeda. Anda mungkin harus mencoba beberapa emolien berbeda sebelum menemukan yang terbaik untuk Anda.

Untuk emolien yang masuk dalam pot, gunakan sendok atau spatula bersih untuk mengeluarkannya saat Anda menerapkan emolien ke kulit Anda. Ini akan menghentikan emolien di dalam pot yang terkontaminasi bakteri.

Krim steroid


Terkadang, emolien sendiri tidak dapat mengendalikan gejala eksim Anda. Jika demikian, Anda mungkin perlu menggunakan krim steroid dalam waktu singkat. Krim steroid mengurangi peradangan dan membantu meredakan gatal.

 Ada berbagai kekuatan steroid krim, mulai dari yang ringan sampai yang sangat ampuh. Krim steroid ringan (seperti hidrokortison) tersedia di atas meja.

Apoteker Anda dapat menawarkan saran tentang berapa banyak yang dapat Anda gunakan dan seberapa sering Anda dapat menerapkannya. Gunakan krim paling ringan yang sesuai untuk Anda.

Jika dokter Anda meresepkan krim steroid, selalu ikuti saran mereka tentang berapa banyak yang harus digunakan. Anda bisa mengoleskan krim steroid langsung ke kulit Anda, namun hanya menggunakannya pada area yang memiliki eksim .

Anda biasanya hanya perlu mengoleskan krim sekali sehari. Namun, jika ini tidak membantu menghilangkan gejala Anda, dokter umum atau dokter ahli kulit Anda mungkin menyarankan untuk menggunakan krim dua kali sehari.

Selalu terus menggunakan emolien Anda saat Anda menggunakan steroid. Anda dapat menggunakan krim steroid sebelum atau setelah menerapkan emolien Anda, namun Anda harus berhenti sekitar setengah jam untuk menerapkan dua krim yang berbeda. Ini mencegah bahan aktif dalam krim steroid Anda agar tidak diencerkan dengan emolien Anda.

Krim steroid yang potensial atau sangat ampuh, seperti betametason valerat, tersedia dengan resep dokter. Menggunakan krim steroid yang lebih kuat terlalu sering, atau pada kulit halus (seperti di wajah Anda), bisa menipiskan kulit Anda.

Hal ini bisa membuat kulit Anda memar lebih mudah. Selalu ikuti saran dokter umum atau dermatolog Anda tentang penggunaan krim steroid jenis apa pun. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Tanya Jawab kami.

Obat resep lainnya

Pengobatan lain yang bisa anda tempuh adalah menggunakan obat tradisional atau herbal. Di indonesia sudah banyak jenis obat tradisional yang bermanfaat untuk menyembuhkan eksim/

Salah satau rekoemendasi obat tradisional terbaik untuk menyembuhkan eksim bisa anda lihat di sini
http://www.iddenature.com/2017/10/obat-eksim-kering-ringan-menahun-de-nature.html


Bagikan

Jangan lewatkan

Pengobatan Eksim Atopik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.